PT Supra Boga Lestari Tbk (“Perusahaan”) didirikan pada tahun 1997. Perusahaan memulai usahanya dengan membuka supermarket pertama (Ranch Market) pada Januari 1998 dengan format waralaba dari Ranch Market USA. Kemudian pada perjalanannya, Perusahaan melakukan pembenahan dan mengembangkan Ranch Market untuk disesuaikan dengan pasar dan gaya hidup masyarakat Indonesia. Pada tahun 2010 Perusahaan melakukan pemutusan perjanjian lisensi (termination agreement) dengan Ranch Market USA, dan sejak saat itu Perusahaan memperoleh ijin untuk menggunakan merk Ranch Market di Indonesia, dan terpisah dengan Ranch Market USA.
Ranch Market dihadirkan dengan menawarkan produk-produk dengan kualitas premium dan mengedepankan keunikan dengan target pelanggan kalangan kelas atas dan menengah atas. Dengan pelayanan yang prima (service excellence), Ranch Market selalu memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan, yang dapat dirasakan oleh pelanggan setiap kali berbelanja. Ranch Market dikenal sebagai supermarket yang melakukan kampanye untuk hidup sehat. Sesuai dengan taglinenya yaitu “It’s a Balanced Life”, pelanggan Ranch Market tidak hanya sekedar berbelanja tetapi juga mendapatkan edukasi tentang produk makanan dan hidup yang sehat dan seimbang.
Perusahaan mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu dan Keamanan Makanan dengan menerapkan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) dan ISO 9001 sejak tahun 2003, yang selanjutnya ditingkatkan dengan menerapkan ISO 22000 Food Safety Management System pada tahun 2008, yang telah disertifikasi ulang pada tanggal 1 September 2016 oleh SAI Global, badan sertifikasi berstandar internasional dari Australia. Penerapan HACCP dan ISO adalah untuk menjaga kualitas produk yang dijual di supermarket dan untuk meningkatkan proses operasional Perusahaan.
Perusahaan bergerak di industri perdagangan ritel modern, dalam kategori fast moving consumer goods (FMCG) dan specialty products dengan format supermarket. Luas area supermarket Perusahaan di sekitar 700 m2 – 4.400 m2. Supermarket Perusahaan menyediakan produk-produk kebutuhan sehari-hari yang meliputi fresh product (buah-buahan, sayur-sayuran, seafood dan daging) serta produk kebutuhan sehari-harinya lainnya termasuk produk organik, gluten free, dan dietary product.